Tak Terhalang Keterbatasan, Balai "Melati" Mampu Cetak SDM Unggul

  • Tak Terhalang Keterbatasan, Balai "Melati" Mampu Cetak SDM Unggul
  • WhatsApp Image 2020-06-23 at 10.51.18
  • WhatsApp Image 2020-06-23 at 10.52.56
JAKARTA (23 Juni 2020) – Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (BRSPDSRW) "Melati" Jakarta mendapatkan kunjungan istimewa hari ini dari Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial dan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI. BRSPDSRW "Melati" Jakarta merupakan Unit Pelayanan Teknis Kementerian Sosial yang menyelenggarakan pelayanan rehabilitasi sosial lanjut bagi penyandang disabilitas sensorik rungu wicara.

Mengawali kunjungannya, Dirjen Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat melihat aktivitas para penerima manfaat di masing-masing ruang keterampilan. Di ruang keterampilan menjahit, Harry menanyakan kepada penerima manfaat ilmu apa saja yang telah diperoleh selama berada di balai. Ia juga mendorong agar Balai "Melati" dapat memproduksi secara masif masker transparan khusus bagi disabilitas rungu wicara agar memudahkan mereka berkomunikasi walaupun menggunakan masker. Beberapa busana karya penerima manfaat juga mendapatkan apresiasi dari Dirjen Rehabilitasi Sosial dan Direktur RSPD Kementerian Sosial.

Harry bahkan membeli 1 buah kursi kayu, lampu berbentuk robot ukuran besar dan sangkar burung terbuat dari kayu hasil karya penerima manfaat.  Kunjungan dilanjutkan ke galeri Instalasi Produksi Balai. Harry nampak antusias melihat barang-barang yang dipamerkan di galeri dan menuturkan, “Balai "Melati" mampu mencetak sumber daya manusia unggul walaupun memiliki keterbatasan dalam kedisabilitasannya”. 

“Banyak perubahan dan kemajuan di Balai "Melati". Empat belas tahun yang lalu terakhir kalinya saya berkunjung ke Balai "Melati" dan saya rasa Balai "Melati" telah banyak memberikan manfaat terbaik bagi para penyandang disabilitas sensorik rungu wicara,” tutur Harry dalam sambutannya di hadapan seluruh pegawai dan penerima manfaat. Ia berharap Balai "Melati" terus konsisten mengembangkan inovasi program dan memastikan program asistensi sosial bagi para penyandang disabilitas khsususnya sensorik rungu wicara terlaksana dengan optimal. Ia berpesan agar penerima manfaat di Balai "Melati" dapat mengikuti seluruh tahapan rehabilitasi sosial hingga tuntas. “Tetap semangat untuk wujudkan masa depan yang indah dalam hidup kalian,” pungkasnya. 

Kementerian Sosial RI sebagai supporting system akan memastikan bahwa seluruh kebijakan pemerintah terkait penanganan permasalahan sosial dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial sebagai pelaksana operasional asistensi sosial bagi para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.

Penulis :
Humas Balai "Melati"
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :