Sinergi Rapat Sinkronisasi Renstra Melalui Telekonferensi

  • Sinergi Rapat Sinkronisasi Renstra Melalui Telekonferensi
  • 15846235113820
  • 15846235616315

JAKARTA (19 Maret 2020) - Kementerian PPN/Bappenas melaksanakan pertemuan telekonferensi terkait Sinkronisasi Renstra Kemensos dengan RPJMN 2020-2024 dengan agenda Penjelasan Perkembangan Penyusunan SOTK Kementerian Sosial, Pembahasan poin kesepakatan umum strategi dan konsep dalam Renstra Kemensos, dan Pembahasan Kebjikan dan Strategi setiap Program di Kemensos.

Telekonferensi hari pertama dimulai hari Kamis (19/03/2020) pukul 10:00 WIB yang diikuti Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Para Sekretaris Ditjen di Lingkungan Kementerian Sosial, serta Pejabat Eselon II dengan semua unit kerja yang ada di Lingkungan Kementerian Sosial.

Pertemuan diawali dengan pemaparan dari Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Bappenas yang menyampaikan bahwa Renstra harus selesai pada bulan April. Selain itu Renstra Kemensos 2020-2024 harus memuat penguatan regulasi dan kelembagaan, sehingga mekanisme penganggaran akan dilakukan berdasarkan skema Usulan SOTK baru.  Dalam waktu dekat Renstra Kemensos akan dibahas dengan melibatkan Kemenpan RB.

Berdasarkan hasil kesepakatan terkait restrukturisasi program, dari 7 program yang sudah ada, hanya akan menjadi 2 program yaitu Program Dukungan Manajemen Internal dan Program Perlindungan Sosial. Program dukungan manajemen internal meliputi program kesetjenan, pengawasan, dan sebagian Badiklitpensos. Sementara itu, Program Perlindungan sosial meliputi 3 pilar yaitu bansos, rehsos dan kewirausahaan (KUBe)

Renstra juga harus memuat penjabaran terkait perlindungan sosial adaptif dan rencana pengembangan Badan Data sebagai center link.

Selanjutnya Kepala Biro Perencanaan menyampaikan pemaparan terkait progres penyusunan Renstra Kemensos 2020-2024.

Dijelaskan Kepala Biro Perencanaan, bahwa Renstra Kemensos sudah mendekati final, namun akan ada penyesuaian nomenklatur program yang hanya akan menggunakan dua struktur program, yaitu dukungan manajemen internal dan perlindungan sosial.

Hal baru di Renstra 2020-2024 adalah dengan ditetapkannya Indeks Kessos sebagai indikator kinerja sasaran strategis.

Berikutnya disampaikan bahwa Restrukturisasi program akan disesuaikan dengan tanpa merubah struktur yang telah ada, terlebih dahulu. Namun, idealnya SOTK baru disusun berdasarkan pohon kinerja/peta strategis yang ada di Renstra, bukan memaksa penjabaran kinerja yang di Renstra untuk berubah.

Pertemuan dilanjutkan pemaparan draf SOTK baru oleh Biro Orpeg, serta diskusi dan tanya jawab yang menjelaskan bahwa Konsep SOTK sudah disampaikan kepada Kementerian PAN RB dan saat ini masih menunggu untuk dilakukan pembahasan, namun demikian tidak menutup kemungkinan jika SOTK perlu disesuaikan dengan Renstra yang tengah dalam penyusunan.

Untuk sesi selanjutnya akan ada pemaparan dari para Sekretaris UKE 1 Kemensos, yang akan dimulai pada jam 13.00. Pemaparan hari ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Sekretaris Badiklit dan Kepala Pusdatin Kesejahteraan Sosial.


Penulis :
Iman Imaduddin
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Humas BP3S ; Intan Qonita N

Bagikan :