Pusdiklat Kesos Gelar PKA, Mensos Inginkan Pemimpin Adaptif

Pusdiklat Kesos Gelar PKA,  Mensos Inginkan Pemimpin Adaptif

JAKARTA (07 JULI 2020) – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (Pusdiklat Kesos) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2020. PKA adalah pelatihan untuk melatih kepemimpinan Pejabat Administrator atau dahulu disebut sebagai Eselon III. Pelatihan ini diikuti 34 peserta di lingkungan Kementerian Sosial baik yang telah menjabat maupun memiliki potensi atau diproyeksi untuk menjadi Pejabat Administrator.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara membuka acara sekaligus memberikan arahan pada pembukaan PKA yang digelar secara virtual, Selasa. Acara juga dihadiri  Kepala Badan Pendidikan, Penelitian, dan Penyuluhan Sosial (Badiklitpensos) Syahabuddin, Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Kementerian Sosial, serta panitia PKA. 

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan yang berlangsung secara online, Mensos Ari berpesan bahwa di situasi Covid-19 seorang pemimpin harus adapatif. Mensos juga berharap agar pelatihan ini menghasilkan pemimpin yang egaliter dan mampu memanfaatkan teknologi untuk memecahkan permasalahan.

“Melalui PKA ini kita bentuk pemimpin administrator yang cepat beradaptasi sehingga akan lahir kebijakan yang adaptif sehingga Kemensos menjadi organisasi yang agility/lincah terhadap situasi dan kondisi” kata Mensos.

Sebagai perwujudan adaptif serta untuk menjawab tantangan pelaksanaan pelatihan di masa pandemi Covid-19, proses registrasi dan administrasi menggunakan Sistem Aplikasi Diklat Aparatur (SIAP DIATUR). Sedangkan untuk pembelajaran daring menggunakan aplikasi Learning Management System (LMS) di halaman elearning.kemsos.go.id.

Sebagai informasi, pelatihan ini akan berlangsung dengan tahapan On Campus I  pada 6 Juli sampai 11 Agustus 2020 dengan agenda pembelajaran orientasi yaitu pengelolaan diri, pengelolaan orang lain, pengelolaan pekerjaan, aktualisasi kepemimpinan. Adapun tahap selanjutnya yaitu Off Campus dan Aksi Perubahan berlangsung pada 12 Agustus hingga 11 Oktober 2020. Tahap terakhir yaitu On Campus II dan Seminar Aksi Perubahan dimulai 12 hingga 15 Oktober 2020.


Penulis :
Akmal Permatasari, Pusdiklat Kesos
Editor :
Biro Humas

Bagikan :