Meski Hujan Deras, Kemensos Pastikan Bantuan Sosial Tetap Tersalurkan

Meski Hujan Deras, Kemensos Pastikan Bantuan Sosial Tetap Tersalurkan
TANGERANG (15 April 2020) - Meski hujan deras, tim Kementerian Sosial tetap memastikan bahwa bantuan sosial kepada masyarakat dalam rangka penanganan COVID-19 tetap tersalurkan. 

Sebanyak 2.000 paket sembako dan 2.000 nasi kotak diserahkan kepada warga Desa Jombang, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis siang (15/4). Daerah ini merupakan salah satu daerah penyangga ibukota dengan wilayah terpadat dan kini menjadi peringkat kedua zona merah dalam penyebaran COVID-19. 

"Ini sangat berarti bagi kami. Sudah dikasih nasi, dikasih beras, gula, teh, susu", ucap nenek Amah saat menerima bantuan.

Tinggal bersama empat cucunya, setiap hari Nenek Amah masih bekerja membuat tikar pandan yang dijualnya seharga Rp. 230.000 perlembar. "Musibah ini, harga barang-barang mahal, alhamdulillah dapat bantuan dari Kementerian Sosial", katanya.

"Saya doakan ibu bapak sehat selalu, panjang umur. Terima kasih sudah memberikan bantuan. Hujan-hujan, basah kuyup ibu mau mampir kesini, tetap peduli pada kami", ucap nenek usia 97 tahun ini dengan penuh haru saat disambangi di rumahnya oleh tim Kemensos yang dipimpin istri Menteri Sosial, Grace Batubara. 

Grace, selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial, yang juga anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Indonesia Maju mengunjungi warga Desa Jombang guna menyerahkan bantuan sosial tersebut secara langsung.

Sempat berlarian di lorong-lorong sempit saat hujan deras, tidak menyurutkan semangat Grace bertemu dengan masyarakat. Meskipun basah kuyup, tanpa risih Grace menyapa penuh senyum warga Desa Jombang dari rumah masing-masing. 

"Saya disini untuk memastikan bahwa negara tetap hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak COVID-19. Mari kita saling menguatkan. Semoga kita bisa segera lalui ini secepatnya. Mari berdoa bersama, apa yang kita rasakan bersama saat ini dapat segera berakhir", ungkapnya.

Kurang lebih selama dua pekan ini, Grace turun ke berbagai wilayah di DKI Jakarta setiap harinya untuk memastikan bahwa bantuan sosial berupa paket sembako dan makanan siap saji dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan.

"Saya harap negara kita bisa kembali seperti dahulu kala", ucapnya penuh harap di akhir perjumpaan.

Penulis :
Siti Nurhilal Fakhriah (OHH Ditjen Linjamsos)
Editor :
Alek Triyono (OHH Ditjen Linjamsos);Annisa YH

Bagikan :