Lokakarya Penguatan Agen Perubahan dalam Rangka Reformasi Birokrasi

Lokakarya Penguatan Agen Perubahan dalam Rangka Reformasi Birokrasi

JAKARTA (3 September 2019) – Ratusan Agen Perubahan Kementerian Sosial tampak antusias mengikuti Lokakarya Penguatan Agen Perubahan Dalam Rangka Reformasi Birokrasi yang dibuka secara langsung oleh Menteri Sosial.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan Peranan birokrasi sangat vital dalam menggerakkan dan mempengaruhi pembangunan suatu negara. Untuk itu, tata kelola birokrasi Indonesia harus mengikuti perkembangan global.

“Pembangunan aparatur negara dilakukan melalui Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, di pusat maupun di daerah agar mampu mendukung keberhasilan pembangunan di bidang-bidang lainnya,” ucap Agus, Senin (2/9).

Di kesempatan yang sama Kepala Badan Pendidikan Penelitian Sosial, Harry Z Soeratin menyatakan, dalam Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, diharapkan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah daerah dapat mewujudkan birokrasi pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi.

“Pada tahun 2019, diharapkan dapat diwujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, dan bebas korupsi, kolusi, serta nepotisme. Selain itu, diharapkan pula dapat diwujudkan pelayanan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat yang semakin maju,” ungkap Harry.

 “Sejalan dengan tema HUT ke-74 Republik Indonesia, "SDM Unggul Indonesia Maju" dan untuk dapat mewujudkan Agen Perubahan yang memahami dan mampu melaksanakan tugas dan perannya dalam reformasi birokrasi di Kementerian Sosial, maka kami menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Penguatan Agen Perubahan dalam rangka Reformasi Birokrasi,” lanjut Harry.

Melalui kegiatan lokakarya ini diharapkan akan ada perubahan terhadap sumber daya manusia, para agen perubahan diharapkan dapat menjadi role model yang dapat memberikan keteladanan bagi segenap individu, jajaran serta lingkungannya. Sebagai prime mover, penggerak utama yang memikul tanggung jawab besar untuk mengelola dan memimpin perubahan di tiap-tiap satuan kerja.

Dalam kegiatan lokakarya ini menghadirkan Narasumber diantara lain, Sekretaris Jenderal dan Inspektur Jenderal Kementerian Sosial serta dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Peserta berjumlah 243 orang, terdiri dari perwakilan Agen Perubahan dari masing-masing Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Sosial. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 1-4 September 2019.


Penulis :
Alfian
Editor :
Putri D
Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :