KSB Bunisari Berperan Aktif Tanggulangi Bencana

  • KSB Bunisari Berperan Aktif Tanggulangi Bencana
  • 15949594957703
PANGANDARAN (17 Juli 2020) - Menindaklanjuti persiapan dan koordinasi Kawasan Siaga Bencana (KSB) di wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Kesiapsiagaan dan Mitigasi, Iyan Kusmadiana, mengunjungi salah satu Kampung Siaga Bencana di Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran.

Desa, yang berada kurang lebih 40 km dari Kota Pangandaran ini, memiliki kontur geografis alam pegunungan dengan potensi kerawanan bencana longsor dan banjir. Karenanya, Iyan mengatakan anggota KSB Desa Bunisari mempunyai peran penting dalam hal penanganan terhadap terjadinya bencana di desa setempat.

“Saya harapkan seluruh anggota KSB Desa Bunisari bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran dapat lebih bermasyarakat dengan warga Desa Bunisari," ujar Iyan di hadapan anggota KSB Desa Bunisari dan personel Tagana, Kamis (16/7).

Salah satunya, ia menyebut, perlu dilakukannya sosialisasi agar warga mengikuti protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, cuci tangan baik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, serta jaga jarak minimal satu meter.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bunisari, Saepudin, selaku pembina KSB desa setempat menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial. "Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Menteri Sosial yang telah memberikan perhatian lebih kepada kami di Desa Bunisari ini," ungkapnya.

Sampai saat ini, Desa Bunisari telah memiliki satu binaan KSB yang terdiri dari 100 orang anggota dan berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana di Desa Bunisari.

Menurut Saepudin, selain aktif dalam pencegahan penyebaran COVID-19, KSB Desa Bunisari secara gotong royong membuat perahu rakit untuk mengantisipasi bencana banjir.

"Bencana yang sering terjadi di Desa Bunisari, selain bencana kekeringan, adalah bencana banjir. Kami, bersama anggota KSB dan Tagana,telah berupaya membuat perahu rakit,” ujar Saepudin. 

Dan kami, lanjutnya, sangat berharap bantuan Bapak Menteri Sosial untuk dapat memberikan bantuan alat Perahu Karet dan Truk Tangki untuk Desa Bunisari.

Penulis :
Kresno Aji Setionegoro (Direktorat PSKBA)
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :