Kemensos Salurkan 1.675 Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19

Kemensos Salurkan 1.675 Paket Sembako untuk Warga Terdampak COVID-19
JAKARTA (8 April 2020) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial sembako di dua lokasi di DKI Jakarta. Bantuan sembako diserahkan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di dua lokasi di Jakarta.

Total volume bantuan yang disalurkan sebanyak 1.675 paket sembako dan makanan siap saji. Secara simbolik, bantuan disalurkan oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial RI Grace P. Batubara di kawasan Tebet dan Kemang, Jakarta Selatan.

Grace mengatakan, bantuan ini merupakan wujud perhatian dari Kementerian Sosial RI sejalan dengan slogan #KemensosHADIR. “Jadi di sini, Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosal bersama DWP Kemensos begitu juga dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Indonesia Maju menyiapkan bantuan sosial bagi mayarakat terdampak COVID-19. Total bantuan yang kami salurkan saat ini adalah 1.675 paket sembako dan makanan siap saji,” kata Grace di kawasan Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (08/04/2020).

Bantuan paket sembako dan makanan siap saji disalurkan di dua lokasi. Yakni untuk masyarakat di RT/RW. 009/002, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Bersama rombongan, di sini, istri Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyerahkan bantuan sebanyak 653 paket sembako dan makanan siap saji.

Kemudian rombongan bergerak ke lokasi kedua, yakni di kawasan Jalan Kemang IV, Jakarta Selatan. Di sini, Grace Batubara menyerahkan bantuan sebanyak 1.022 paket sembako dan makanan siap saji. Grace juga tampak ikut menyiapkan makanan siap saji dalam kotak nasi.

Dalam penyerahan bantuan ini, Kemensos melibatkan pemerintah daerah sampai ke tingkat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT). “Mekanisme pendistribusiannya kami bekerja sama dengan kepala dinas sosial, kelurahan, RT/RW. Penyaluran bantuan berdasarkan data-data yang mereka berikan,” kata ibu dua anak ini.

Aksi peduli dengan tagline #BekerjaBersama Melawan COVID-9 tersebut menyasar warga yang terdampak langsung akibat merebaknya COVID-19. Bantuan yang disalurkan hari juga merupakan bagian dari bantuan sembako langsung sebanyak 200.000 paket sembako dan 200.000 paket makanan siap saji.

Pendistribusian paket sembako rencananya akan dilakukan secara bertahap kepada orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam perawatan (PDP), dan para pekerja informal seperti tukang ojek, buruh, pedagang kaki lima, para pekerja harian, supir taksi, ojek daring.

Sasaran wilayah bantuan adalah khususnya daerah warga DKI Jakarta yang memang zona merah. ”Itu adalah yang kebetulan ada di DKI Jakarta itu yang akan kami prioritaskan terlebih dahulu,” kata Grace. 

Dalam pelaksanaannya, kata Grace, Kemensos juga melibatkan para pekerja sosial, dan Tagana. Grace memastikan, dalam pelaksanaan penyerahan bantuan memperhatikan protokol kesehatan. “Pertama-tama sudah kami lakukan rapid test  dan Alhamdulillah semuanya hasilnya negatif. Jadi, semua yang bekerja di sini semua dalam kondisi sehat, tidak ada terjangkit dengan COVID-19,” katanya.

Prosedur lain yang juga diperhatikan adalah harus menggunakan masker, kemudian sarung tangan, kemudian juga APD pada saat nanti penyaluran ke lapangan dan dengan adanya social distancing.

Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI

Penulis :
Koesworo Setiawan

Bagikan :