Kemensos Luncurkan Aplikasi SIKS-SLRT

  • Kemensos Luncurkan Aplikasi SIKS-SLRT
  • IMG-20191204-WA0021
  • IMG-20191204-WA0034
  • IMG-20191204-WA0022
  • IMG-20191204-WA0013
  • IMG-20191204-WA0035
JAKARTA (4 Desember 2019) - Kementerian Sosial meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SIKS-SLRT) yang diintegrasikan secara penuh ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial New Generation (SIKS-NG) yang menjadi payung seluruh aplikasi kesejahteraan sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial, dimana sebelumnya aplikasi SLRT terpisah dengan SIKS-NG.

Aplikasi SIKS-SLRT ini lebih fokus pada pelayanan dan rujukan serta penanganan keluhan dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat Pusat.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin  yang meresmikan peluncuran aplikasi SIKS-SLRT dan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi SIKS-SLRT menyampaikan bahwa Kementerian Sosial tidak sendirian dalam mengembangkan aplikasi SLRT. Semua terlaksana atas dukungan MAHKOTA-DRAF sebagai wujud kerjasama antara Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) dengan Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos).

"Saya berharap keikutsertaan bapak ibu sekalian dalam kegiatan ini dapat dijadikan bahan yang akan disampaikan kepada pimpinan bapak ibu nantinya, dan dapat menjadikan SLRT menjadi bagian dari bapak ibu dalam memberikan layanan kepada masyarakat," pesan Pepen kepada seluruh koordinator SLRT Provinsi, 50 Manager SLRT Kabupaten/Kota serta 32 peserta dari pusat di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta.

Pepen mengingatkan kepada seluruh peserta kegiatan bahwa tugas yang harus dilakukan masih banyak. Salah satunya adalah melengkapi sarana dan prasarana bagi 514 SLRT di seluruh Indonesia, sementara dari anggaran dan penunjang lainnya sangat terbatas. 

Oleh karena itu Pepen berharap SLRT yang sudah dibangun sejak awal dapat dilanjutkan dan ditindaklanjuti secara pasti. Sudah ada beberapa daerah yang maju SLRT nya dengan dukungan dari daerah mereka sendiri, namun ada juga SLRT yang masih bergantung pada pemerintah pusat. Program SLRT nantinya harus dapat memberikan pelayanan yang baik dalam mensejahterakan masyarakat.

Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :