Di Balik Kesuksesan Salah Satu ASN Kemensos Disabilitas Rungu

  • Di Balik Kesuksesan Salah Satu ASN Kemensos Disabilitas Rungu
  • 15841710798800
  • 15841710584564

JAKARTA (13 Maret 2020) - Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) yang diwakili Dr. Damayanti Soetjipto Sp.T.H.T.K.L(K), menyelenggarakan Kegiatan Apresiasi Role Model Teman Tuli yang berprestasi ke dua secara nasional.

“Kegiatan utama kita hari ini “Menggapai Teman Tuli” agar bisa lebih meningkatkan kompetensinya, lebih berbaur teman dengar dan masyarakat sekitar,” kata Dr. Damayanti di Kementerian Kesehatan RI, Jumat (13/03/2020).

Upaya Komnas dan Komda PGPKT yang mengembangkan prestasi, menyemangati teman tuli percaya diri dan  seperjuangan hak disabilitas rungu, ikut aktif berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara, tidak menghendaki sebagai kelompok sosial tersendiri yang menjadi beban pemerintah dan masyarakat, bukanlah penghalang untuk maju dan bergerak.

Penyelenggara Kongres Adalah Komnas PGPKT Dan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) - Kementerian Kesehatan RI yang memperingati Hari Pendengaran Sedunia pada tanggal 3 Maret 2020, dan sesuai dengan tema dari World WHO yaitu “Don’t Let Your Hearing Loss Limit You”.

“Komnas PGPKT bermaksud menggapai impian komunitas teman tuli dan mengupayakan agar mereka bisa lebih mampu dan percaya diri untuk mengembangkan potensinya dalam meliputi kategori pendidikan, pekerjaan, seni budaya, olahraga dan sebagainya,” ujar  Dr. Damayanti.

Salah satu peserta terpilih terbaik adalah Dian Inggrawati sebagai ASN Kementerian Sosial RI bekerja di unit kerja Sekretariat Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial yang berhasil meraih menerima penghargaan terbaik “Award of Achievement for the Deaf and Heraning for the Effort to Achieve A Bright Future” yang diberikan oleh Prof. Dr. Jenny bashiruddin Sp. THT KL (K), selaku ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PERHATI) Indonesia.

Dalam acara ini sebanyak 42 peserta Tuli/kurang dengar dari Seluruh Indonesia mengikuti kegiatan pembukaan, Senam Pagi dan Flashmob Sadar Bising disampaikan oleh dr. Achmad Yurianto, Bapak Dirjen P2PTM Kemenkes RI. 


Penulis :
Alfian Anugrah P
Editor :
Aryokta Ismawan; Shintami Praborini
Penerjemah :
Alfian Anugrah P

Bagikan :