BLBI “Abiyoso” Sosialisasikan Proses Pengelolaan Literasi

BLBI “Abiyoso” Sosialisasikan Proses Pengelolaan Literasi
SUMEDANG (12 September 2019) - Kepala Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) “Abiyoso” Cimahi, Isep Sepriyan menyosialisasikan proses pengelolaan literasi braille bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (PDSN) dalam rangkaian kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Dinas Sosial Kabupaten Sumedang bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

Pada kesempatan itu hadir pula dari BRSPDSN "Wyata Guna" dan LKSPD dari Bandung memberikan paparan program dan kegiatannya di hadapan lebih dari 100 orang peserta kegiatan UPSK yang terdiri dari Penyandang Disabilitas, Keluarga dan Pendamping Disabilitas, serta Lembaga terkait.

Isep mengapresiasi kepada keluarga yang memiliki anak atau anggota keluarga yang istimewa yaitu Penyandang Disabilitas.

"Tuhan telah memilih Bapak dan Ibu untuk mendampingi putra/putrinya dengan segala tantangannya dan semoga menjadi ladang amal. Tidak semua orang diberikan amanah mulia mendampingi PD," tegas Isep.

Proses Pengelolaan Literasi Braille oleh BLBI “Abiyoso” dilakukan untuk memenuhi kebutuhan literasi bagi PDSN.

"Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Menteri Sosial Nomor 18 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas dan Kebijakan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial tentang Program Rehabilitasi Sosial (Progres) 5.0 NP," tutur Isep.

BLBI “Abiyoso” di Cimahi adalah UPT Kementerian Sosial RI yang memiliki tugas pengelolaan literasi braille untuk meningkatkan keberfungsian sosial PDSN, bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, seperti: Balai/Panti Rehabilitasi Sosial, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Sekolah Luar Biasa (SLB), Perpustakaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Isep juga mengajak kepada keluarga dan lembaga terkait yang hadir untuk bekerjasama dengan BLBI “Abiyoso” Cimahi dalam pengelolaan literasi braille hingga dapat bermanfaat bagi PDSN dalam meningkatkan keberfungsian sosial dan kesejahteraan sosial PDSN dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Penulis :
Humas BLBI "Abiyoso" Cimahi
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :