BBPPKS Yogyakarta Menyelenggarakan Bimbingan bagi Lanjut Usia

BBPPKS Yogyakarta Menyelenggarakan Bimbingan bagi Lanjut Usia

YOGYAKARTA (3 Okober 2019) - BBPPKS Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung menyelenggarakan Bimbingan Sosial bagi Lanjut Usia. Kegiatan sehari tersebut dilaksanakan pada Kamis, 3 Oktober 2019, di Studio Alam Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kececamatan Moyudan, Sleman.

Bimbingan Sosial dengan Tema "Lanjut Usia Bahagia, Berguna dan Sejahtera" tersebut diikuti 30 orang lansia berasal dari lima kecamatan di Temanggung. Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Temanggung, Ponco Marbagyo,  kegiatan ini merupakan terobosan dalam pembinaan lansia di Temanggung.

"Selama ini kegiatan hanya berupa pemberian santunan atau bantuan berupa uang atau barang. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk outbound ringan dan dalam suasana menyenangkan ini ternyata mampu membuat para lansia menikmati kegembiraan dan sukacita," kata Ponco.

Fasilitator bimbingan sosial tersebut adalah para fasilitator outbound handal dari BBPPKS Yogyakarta. "Konsep bimbingan sosial lansia di alam terbuka ini lebih banyak memberi kesempatan pada para lansia untuk mengekspresikan perasaan dan kebahagiaan berkumpul dan beraktivitas bersama lansia lainnya," imbuhnya.

Kegiatan diisi dengan bernyanyi, bermain, berjoget dan diakhiri dengan wisata keliling desa Gamplong sembari beranjangsana dengan para lansia di lokasi kegiatan yang juga merupakan desa wisata kerajinan rakyat. 

Ponco juga menilai bimbingan sosial lansia ini dinilai sukses dan hasilnya melebihi ekspektasi. Oleh karena itu, di tahun berikutnya akan diprogramkan lagi dengan dukungan penganggaran yang lebih memadai.


Penulis :
Humas BBPPKS Yogyakarta
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Alika Sandra; Karlina Irsalyana

Bagikan :