Bansos Kemensos Hadir Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

  • Bansos Kemensos Hadir Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19
  • WhatsApp Image 2020-06-13 at 05.39.05(2)
  • WhatsApp Image 2020-06-13 at 05.39.05
  • WhatsApp Image 2020-06-13 at 05.39.05(3)

JAKARTA (12 Juni 2020) - Dampak pandemi COVID-19 sangat luas dirasakan masyarakat, khususnya yang menerpa perekonomian dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Buruh tani, pedagang harian, bahkan pekerja yang terkena PHK sangat merasakan hal itu. Sebagai bukti kepedulian Kemensos Hadir, Kementerian Sosial memberikan bansos beranamakan Kemensos Hadir kepada warga terdampak COVID-19 yang belum pernah menerima bantuan dari manapun, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kemensos melalui Jaringan Pendamping Kebijakan dan Pembangunan (JPKP) menyalurkan Bansos Kemensos Hadir sebanyak 2.000 paket diwilayah Jabodetabek. Mata pencaharian warga terdampak seperti pedagang harian dan buruh tani yang selama pandemi ini mengalami penurunan pendapatan. Hal ini tentunya berimbas pada pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Bansos Kemensos Hadir ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan pokok warga terdampak, salah satunya di Kelurahan Setu Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Hari ini, Kasubdit Identifikasi dan Analisis Kebutuhan Ganjar Basuki besama Kasubdit Rujukan Terminasi dan evaluasi Rossita Tri Harjanti, Kasubdit Persiapan Pemberdayaan Luluk Sugianto menyerahkan secara simbolis penyaluran Bansos Sembako Kemensos Hadir melalui JPKP sebanyak 78 paket sembako di RT 001 RW 04 Kelurahan Setu Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

"Dengan adanya bantuan ini semoga dapat membantu warga masyarakat khususnya yang terdampak COVID-19. Semoga bantuan ini dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dan kita berharap agar kondisi segera bisa normal kembali," jelas Ganjar Basuki.

Herlina Prawirosoekarto, Pic Kemanusiaan JPKP, mengatakan sangat berterima kasih kepada Kemensos yang telah  mempercayakan kepada JPKP untuk membantu menyalurkan Bantuan Sosial 2000 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak di wilayah Jabodetabek.

"Kami memastikan data penerima merupakan warga masyarakat yang belum pernah menerima bantuan dengan data by name by address", jelasnya.

Inoh indrajaya, Ketua RT 001/04 Kelurahan Setu Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kementerian Sosial. Warganya sangat terbantu dengan adanya bantuan ini.

"Warga RT 001 yang mayoritasnya bekerja sebagai buruh tani, pedagang harian dan bahkan korban PHK merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini," ujarnya.

Salah satu penerima bantuan juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos.

Ibu Sina, ibu dua anak yang kehilangan penglihatan ini sangat bersyukur dan senang sekali mendapat bantuan sembako yang pertama kali dia terima.

"Meskipun ada COVID-19 ini, pemerintah peduli memberikan bantuan, saya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dan suami saya sudah tiada. Bantuan sembako ini akan saya gunakan untuk makan sehari hari," ujarnya.


Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
OHH Dayasos

Bagikan :