Balai "Nipotowe" Serahkan 90 Paket Sembako kepada Pemkab Sigi

  • Balai "Nipotowe" Serahkan 90 Paket Sembako kepada Pemkab Sigi
  • 15961040342298
  • 15961040381648
SIGI (30 Juli 2020) - Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BRSPDI) "Nipotowe" Palu merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial Republik Indonesia yang memberikan pelayanan rehabilitasi sosial lanjut bagi penyandang disabilitas intelektual di kawasan timur Indonesia. Dalam masa pandemi COVID-19 ini, Balai "Nipotowe" Palu memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas.

Balai "Nipotowe" Palu menyerahkan bantuan sosial sembako sebanyak 90 paket kepada pemerintah Kabupaten Sigi pada Kamis (30/7) pagi tadi. Penyerahan bantuan paket sembako tersebut ditujukan untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Sigi, yang akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Sigi. 

Yhudit Astuti dari Dinas Sosial Kabupaten Sigi menyampaikan terimakasih atas bantuan sembako yang telah disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui Balai "Nipotowe" di Kabupaten Sigi. "Kami berharap program ini dapat berkelanjutan mengingat jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Sigi cukup banyak," ujarnya. 

Hal tersebut disambut baik oleh perwakilan masyarakat dari Desa Kotarindau Kecamatan Dolo, Mohammad Fadel yang menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas. "Program ini sangat penting bagi penyandang disabilitas, dan kami bersyukur karena tahun depan, pemerintah desa juga turut andil melakukan program pemberdayaan untuk penyandang disabilitas yang rencananya akan dimasukkan dalam program desa, sehingga penyandang disabilitas dapat mandiri," katanya pada acara kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis yang dilaksanakan di Kantor Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Aladin, Kepala Balai "Nipotowe" menyatakan bantuan sembako tersebut merupakan program Kementerian Sosial untuk membantu penyandang disabilitas dalam menghadapi situasi akibat pandemi COVID-19. "Penyaluran 90 paket sembako ini merupakan penyaluran terakhir dari total  840 paket sembako yang dianggarkan oleh Balai "Nipotowe" untuk penyandang disabilitas dan telah disalurkan semua kepada lima Kabupaten/Kota, termasuk hari ini di Kabupaten Sigi," ujarnya.

Menurut Aladin, kegiatan dapat terlaksana karena adanya kerjasama dan respon dari pemerintah daerah setempat khususnya Dinas Sosial dalam melakukan pendataan penyandang disabilitas. "Bantuan sembako ini dapat tersalurkan berdasarkan data yang diperoleh dari pemerintah daerah khususnya Dinas Sosial," jelasnya.

Oleh karena itu, Aladin mengapreasiasi kerjasama dan kerja keras dari pendamping yang berkontribusi melakukan pendataan penyandang disabilitas. "Data sangat penting, sehingga penerima manfaat lebih tepat sasaran dan program bantuan dapat tersalurkan," kata Aladin, yang dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis kepada peyandang disabilitas, bersama-sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sigi dan perwakilan masyarakat di Desa Kotarindau Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Penulis :
Humas Balai Nipotowe "Palu"
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :