Tim LDP BBPPKS Jayapura Sambangi Posko Korban Bencana Kebakaran

  • Tim LDP BBPPKS Jayapura Sambangi Posko Korban Bencana Kebakaran
  • f57cc0d1-54d1-4d14-bc5e-cd6a759a402d

JAYAPURA (27 Oktober 2020) - Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) BBPPKS Jayapura menyambangi salah satu Posko Korban Bencana Kebakaran Dok IX yang terletak di Dinas Sosial Provinsi Papua pada 27 Oktober 2020.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan Layanan Dukungan Psikososial kepada anak-anak yaitu rekreasional maupun bermain bersama anak-anak penyintas. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak dapat melupakan sejenak kejadian kebakaran yang telah menimpa mereka.

Selain itu, Tim LDP juga melakukan wawancara kepada petugas maupun warga yang berada di Posko Bencana.

Menurut Bu Herlina, petugas dari Dinas Sosial Kota Jayapura, Kebakaran yang terjadi di Tanjung Ria, Jayapura Utara mencakup 3 RT, 2 RW dengan Total korban 925 KK,  1419 Jiwa (Update Data per 24 Oktober 2020). Ada 4 Posko yang dibangun yakni Posko Utama di Dinas Pendidikan, Posko Dapur Umum di Dinas Sosial Provinsi, Posko Masjid dan Posko Gereja Betania. Saat ini bantuan berupa bahan makanan, pakaian layak pakai sudah cukup.

Berdasarkan keterangan dari Petugas Kesehatan, Di Posko utama dan Posko Dinas Sosial ada layanan pemeriksaan kesehatan. Kondisi pengungsi secara umum sehat. Hanya ada sedikit keluhan seperti ispa dan gatal. Sejauh ini belum ada yang mengeluh karena stress atau depresi.

Pak Fahri, penyintas di Posko Dinsos mengatakan saat ini sedang menyiapkan tempat tinggal sementara (kos) karena sudah tahu kalau Posko beroperasi sampai hari Kamis. Warga secara umum sudah merasa tenang, karena banyak dukungan dan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar. Pelayanan dari petugas juga bagus. Makan 3 kali sehari dengan lauk bervariasi.


Penulis :
Humas BBPPKS JAYAPURA
Editor :
Annisa YH

Bagikan :