Peringatan Hari Pahlawan 10 November, Mensos: Jadi Motor Penggerak Melawan Pandemi COVID-19

Peringatan Hari Pahlawan 10 November, Mensos: Jadi Motor Penggerak Melawan Pandemi COVID-19

JAKARTA (11 November 2020) - Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 mengambil tema, 'Pahlawanku Sepanjang Masa.'  Salah satu rangkaian acara berupa Tabur Bunga di laut pada puncak acara, Selasa 10 November 2020.

 

Kegiatan Tabur Bunga digelar di atas geladak KRI Semarang–594 tepat pukul 08.05 WIB di Dermaga JICT II  dihadiri oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani; Wakil Ketua DPR RI; serta Staf Khusus DPR RI.

 

Kepala Badiklit Pensos, Prof Syahabbudin; Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kementerian Sosial RI,  Sonny W Manalu; Staf Ahli Menteri Bidang Dinamika Sosial Kementerian Sosial RI, Adhy Karyono; Tim Teknis  Mensos Bidang Penanganan Fakir Miskin; Sekretaris Inspektorat Jenderal; serta Wakil Menteri Agama RI.

 

Juga, Direktur Utama BRI; Direktur Utama BNI; Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono; serta para Pimpinan  TNI-Polri lainnya. 

 

Di tempat terpisah, Menteri Sosial Juliari P Batubara menandaskan bahwa apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan seharusnya menjadi inspirasi dan motivasi bagi genarasi bangsa dengan malanjutkan perjuangan dan cita-cita mereka.

 

"Dulu para pejuang mengangkat senjata tapi kini kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal serta melawan pandemi COVID-19, " tandas Menteri Ari.

 

Segenap warga bangsa, kendati di masa pandemi COVID-19 agar memperingati Hari Pahlawan tetap dengan khidmat dan sama sekali tidak kehilangan makna.

 

Justru memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

"Dengan semangat kepahlawanan yang terus menyala sehingga bisa dijadikan sebagai motor penggerak untuk mengisi kemerdekaan guna mewujudkan cita-cita dari para pendiri negeri ini," ungkap Mensos Ari.

 

Jika di setiap anak bangsa tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka akan mampu menyelesaikan berbagai masalah bangsa yang begitu kompleks dan dinamis.

 

"Tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara menjadi pahlawan masa kini dengan memiliki empati untuk menolong sesama, saling mengharai serta menghormati satu sama lain," harap Mensos Ari. 

 

Dengan mengajak seluruh rakyat Indonesia berpartisipasi dalam memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

 

"Ungkapan dari the founding father kita, Presiden Soekarno, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," kata Juliari.

 

Ke depan, perlu melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan tetap bersatu, bergotong-royong mengisi kemerdekaan dan tidak menyia-nyiakan perjuangan yang telah mereka korbankan dengan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi.

 

"Ayo buktikan bangsa Indonesia itu bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh daya kreasi, serta tidak kalah dengan bangsa-bansa lain di dunia," pungkas Juliari.

 

Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sosial RI


Penulis :
Koesworo

Bagikan :