LRSLU “Minaula” Selenggarakan Bimtap dan Edukasi Pendamping

  • LRSLU “Minaula” Selenggarakan Bimtap dan Edukasi Pendamping
  • 15684707149552
  • 15684707266865
  • 15684707367307

SULAWESI TENGGARA (14 September 2019) - Petugas dari Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari menyelenggarakan Bimbingan Pemantapan (Bimtap) dan Edukasi bagi Pendamping Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) dalam Program Dukungan Keluarga Lanjut Usia (DKLU) di empat tempat yang berbeda secara bersamaan.

Kepala LRSLU “Minaula” Kendari, Syamsuddin berharap melalui kegiatan ini Pendamping LKS-LU memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar dalam melakukan pendampingan terhadap lanjut usia Penerima Bantuan Sosial Program DKLU.

"Kami juga berharap agar Pendamping LKS-LU mampu meningkatkan komitmen dan semangat untuk mengabdikan diri merawat serta mendampingi lanjut usia ini sebagai panggilan hidup," ujar Syamsuddin.

Tujuan dari kegiatan Bimtap dan Edukasi ini adalah memberikan pelatihan kepada pendamping terpilih terkait dengan mekanisme pendampingan kepada lanjut usia dan penjelasan tentang tugas, tanggungjawab, serta kewajiban.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman dan keterampilan tentang pengembangan usaha produktif terkait dengan pemasaran, kewirausahaan, dan terapi-terapi yang cocok pada lanjut usia. Pendamping diberikan empat materi dan pelatihan tentang Program DKLU, Manajemen Pemasaran dan Wirausaha, Perawatan Sosial, dan Terapi.

"Pendamping adalah orang-orang hebat yang memiliki jiwa sosial dan mereka adalah pejuang dalam kemanusiaan, kita salut dan patut mengapresiasi mereka yang memilih jalan mulia ini,” lanjut Syamsuddin.

Bimtap dan Edukasi merupakan salah satu dari lima tahapan program DKLU dan dilaksanakan oleh Pekerja Sosial Profesional, Penyuluh Sosial, Perawat dan Psikolog.

Pada kesempatan kali ini, sebanyak 36 peserta yang terdiri dari Pengurus dan Pendamping LKS-LU serta aparat desa/kelurahan  setempat mengikuti kegiatan Bimtap dan Edukasi yang diinisiasi LRSLU "Minaula" pada 13 dan 14 September 2019.

Bimtap dan Edukasi bertempat antara lain di Sekretariat LKS-LU At-Taqwa (Kabupaten Konawe Selatan), LKS-LU Home Care Danakang Indonesia (Kabupaten Konawe), LKS-LU Pusat Studi Kesejahteraan Sosial (Kabupaten Bombana), dan LKS-LU Oriez Al-Dzikri Sowite (Kabupaten Muna).


Penulis :
Humas LRSLU "Minaula" Kendari
Editor :
Endang
Penerjemah :
Intan Qonita N

Bagikan :