Loka Lansia "Minaula" Kendari Kembali Gelar Penguatan Keluarga

Loka Lansia "Minaula" Kendari Kembali Gelar Penguatan Keluarga
KONAWE KEPULAUAN (11 Oktober 2020) - Penguatan Kapasitas Keluarga dan Masyarakat dalam Perawatan Sosial bagi Lansia di Rumah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi dan memperkuat kapasitas keluarga serta masyarakat dalam memberikan perawatan sosial bagi lansia.

Oleh Karena itu, Loka Lansia “Minaula” Kendari sebagai UPT milik Kemensos RI melakukan Kegiatan "Penguatan Kapasitas bagi Anggota Keluarga dan Masyarakat dalam Memberikan Perawatan Sosial bagi Lansia di Rumah" di Kabupaten Konawe Kepulauan pada Hari Minggu (11/10/2020).

“Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota keluarga dan masyarakat tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kelanjutusiaan. Diharapkan melalui kegiatan ini, sikap dan cara peserta dalam merawat lansia dapat berubah atau meningkat. Dengan demikian diharapkan kesejahteraan lansia akan pulih dan semakin meningkat ke taraf yang lebih baik lagi”, jelas Syamsuddin selaku Kepala Loka Lansia "Minaula" Kendari.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, kegiatan ini adalah salah satu perwujudan Program ATENSI LU Kementerian Sosial RI yang berbasis keluarga dan komunitas. Diketahui bahwa tempat terbaik bagi lanjut usia adalah di dalam keluarga. Sementara, perawatan sosial berbasis residensial adalah pilihan terakhir.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Lamoluo Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan ini dihadiri oleh 15 orang keluarga lansia dan lima orang pendamping sosial dari komunitas setempat yang terhimpun dalam LKSLU Insan Kamil. 

Bertindak sebagai pemateri adalah Syamsuddin, Helma Parande, Riki Firmansyah, dan Amalia Kristi. Selain penyampaian materi dari narasumber, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan metode praktek, diskusi, dan tanya jawab. Materi yang diberikan antara lain peran keluarga dalam perawatan sosial lansia di rumah dan pentingnya personal hygiene bagi lansia di masa pandemi Covid-19.

Syamsuddin menambahkan bahwa, beberapa poin penting terkait peranan keluarga guna meningkatkan kesejahteraan lansia antara lain, membantu lansia untuk mengelola atau mempersiapkan kebutuhan makan, transportasi, komunikasi dan keuangan, memeriksakan kesehatan lansia secara teratur, membantu atau mengingatkan lansia untuk beribadah, tidak memandang lansia sebagai beban, mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan pada lansia, mempertahankan kehangatan dalam keluarga, meminta nasehat dan petuah dari lansia, dan menfasilitasi lansia untuk menekuni hobinya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, personal hygiene adalah awal dalam mencapai kesehatan. Upaya pemenuhan kebersihan diri bagi lansia seperti mandi atau perawatan kulit, perawatan mulut, mata, hidung, telinga, rambut, kaki dan kuku, serta genitalia yang terpenuhi dengan baik akan meningkatkan derajat kesehatannya dan menciptakan keindahan. 

Mading, salah satu peserta mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih kondisi istrinya saat ini selalu sesak nafas, tidak mampu berjalan dan sudah tidak mampu melihat. Dari materi yang disampaikan, dirinya memiliki gambaran apa saja yang bisa dilakukan sebagai keluarga dalam memberikan perawatan kepada istrinya.

Hariono selaku Ketua LKSLU Insan Kamil yang mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat-sangat kami nantikan dan kami sangat antusias sekali dengan acara ini. Kami sebagai LKSLU baru, dengan acara seperti ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan saya dan teman-teman pendamping sosial lainnya tentang kelanjutusiaan dan membantu mereka dalam melaksanakan proses pendampingan bagi para lansia di wilayah dampingannya.

Muhammad Ristam Arifin selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe Kepulauan sangat berterima kasih kepada Loka Lansia “Minaula” Kendari yang telah menyelenggarakan acara ini, sehingga perhatian masyarakat terkait kelanjutusiaan akan semakin meningkat. 

Dari kegiatan tersebut diharapkan keluarga dapat menjadi care giver yang kompeten dalam merawat lansia di rumah.



Penulis :
Humas Minaula Kendari
Editor :
Annisa YH

Bagikan :