Kementerian Sosial RI Peringati Hari Antikorupsi Sedunia 2019

Kementerian Sosial RI Peringati Hari Antikorupsi Sedunia 2019

JAKARTA (17 Desember 2019) - Menyambut Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember, hari ini Kementerian Sosial RI mengadakan Lokakarya Antikorupsi Kementerian Sosial RI di Gedung Aneka Bhakti yang diprakarsai oleh Inspektorat Jenderal. Kegiatan kali ini bertemakan “Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju.”

Lokakarya ini merupakan wujud dari Komitmen Kementerian Sosial RI untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan bebas dari korupsi. Selain itu, lokakarya ini juga merupakan sarana untuk memberikan pemahaman dan membentuk Aparatur Sipil Negara yang kompeten, berintegritas dan professional sehingga dapat berkontribusi dalam pemberantasan korupsi, khususnya di Kementerian Sosial RI.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI ini dihadiri oleh para pejabat dan staf di lingkungan kantor pusat dan UPT Kementerian Sosial RI. Selain itu, para perwakilan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) wilayah Jabodetabek, Koordinator Pendamping PKH wilayah Jabodetabek, Karang Taruna dan Himbara juga turut memeriahkan acara ini.

Epi Handayani dari Direktorat Pendidikan dan Layanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkenalkan  aplikasi JAGA yaitu sebuah aplikasi ponsel pintar dari KPK yang bertujuan untuk mendorong transparansi penyelenggaraan pelayanan publik. Dalam kesempatan ini, beliau juga menekankan mengenai sembilan nilai antikorupsi, yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Narasumber lain yaitu Ali Taher Parasong (Anggota Komisi VIII DPR RI) dan M. Adi Toegarisman (Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus) juga menekankan bahwa moral adalah modal utama untuk melawan dan memberantas Korupsi.

Saat menutup kegiatan ini, Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, menyampaikan bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 ini agar menjadi momentum untuk meningkatkan semangat kerja dan perilaku untuk memberikan contoh secara terus menerus dalam upaya menekan dan menghilangkan tindak pidana korupsi dimanapun.


Penulis :
Dian Catur P.K.
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Dimas Puguh; Karlina Irsalyana

Bagikan :