Kemensos Memastikan Kelancaran Penyaluran BSB di Wilayah Banten

Kemensos Memastikan Kelancaran Penyaluran BSB di Wilayah Banten
BANTEN (03 Oktober 2020) - Kementerian Sosial terus berupaya memastikan kelancaran penyaluran program Bantuan Sosial Beras (BSB). Hari ini di wilayah Banten, harapannya semua pihak yang terlibat dalam penyaluran BSB harus segera merespon kendala saat penyaluran, sehingga penyaluran terlaksana sesuai target.

Sekretaris Ditjen Pemberdayaan Sosial Bambang Sugeng, meninjau langsung 2 lokasi gudang beras BULOG Subdivre Lebak dan Cikande Serang, Banten. Bambang Sugeng menyampaikan evaluasinya terkait pelaksanaan BSB khususnya di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, Banten.

"Seringkali terjadi keterlambatan penyaluran. Untuk itu, kepada Transporter agar segera menindaklanjuti dengan menambah armada. Selain itu, koordinasi jadwal penyaluran antara transporter dengan pendamping di lapangan sangatlah penting. Kepada pihak BULOG, agar memastikan betul secara keseluruhan beras yang disalurkan berkualitas baik. Dan segera diganti apabila ada beras yang berkualitas rendah", ucap Bambang Sugeng.

Untuk wilayah Provinsi Banten, penyaluran BSB dari gudang BULOG kepada KPM PKH dilaksanakan oleh transporter PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR). Direktur Komersial PT. BGR Budi Susanto menyampaikan beberapa kendala dalam penyaluran.

"Keterlambatan penyaluran BSB diantaranya selain cuaca, adanya launching seremonial, serta medan yang berat. Sehingga menyulitkan distribusi bagi armada berkapasitas besar,” jelas Budi Susanto.

Kehadiran Sekretaris Ditjen Pemberdayaan Sosial bersama tim di Perum BULOG Gudang Selaraja Kabupaten Lebak diantaranya adalah untuk meninjau proses rebaging, serta mencoba uji tanak beras kualitas medium. Gudang Induk Selaraja memiliki 2 unit penyimpanan dengan kapasitas 1.000 ton/per unit. Gudang ini berperan dalam penyaluran BSB di wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Menuntaskan kunjungannya di Provinsi Banten, Sekretaris Ditjen Pemberdayaan Sosial kemudian mengunjungi Perum BULOG Gudang Cikande, Kota Serang. Gudang Cikande memiliki 9 unit penyimpanan dengan kapasitas 10.000 ton/unit yang bertatus Gudang BULOG Modern (GBM). Realisasi gudang Cikande per 2 Oktober 2020 sudah mencapai 1.714 ton atau sekitar 43% untuk alokasi wilayah penyaluran Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Disela kunjungannya, Bambang Sugeng menyempatkan diri untuk menyalurkan BSB secara langsung kepada Ibu Muahaya (43), salah satu KPM di Desa Ciinjuk Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Anak saya 6, suami kerjanya di bengkel orang. Kadang dapet 50 ribu, kadang 30 ribu. Ya dicukup-cukupin aja buat makan. Seneng sekali sudah dibantu, berasnya bagus, terimakasih Pak Presiden", tutur Muayaha.

Di Desa Ciinjuk terdapat 263 KPM PKH yang akan menerima BSB yang ditargetkan hari ini selesai salur untuk tahap 1 dan 2.

Diakhir kunjungan, Bambang Sugeng mengingatkan kembali kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyaluran BSB ini, agar dapat menuntaskan penyaluran tahap 1 dan 2 sesuai target, yaitu pada minggu pertama Bulan Oktober.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Divisi Perencanaan Operasional Perum BULOG , Pimpinan Cabang Perum BULOG Kantor Cabang Lebak, Pimpinan Cabang Perum BULOG Kantor Cabang Tangerang, Wakil Pimpinan dan Kabid Perum BULOG DKI dan Banten, Kasie Kapasitas Kelembagaan Direktorat PSPKKM, dan Kasubag TU Sekretariat Ditjen Pemberdayaan Sosial.




Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
OHH Dayasos ; Annisa YH
Penerjemah :
Fia Arista Dewi

Bagikan :