Kehadiran TKSK Kecamatan Telawang Membawa Sukacita Warga

Kehadiran TKSK Kecamatan Telawang Membawa Sukacita Warga
Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan yang selanjutnya disingkat dengan TKSK adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial, dinas sosial daerah provinsi, dan/atau dinas sosial daerah kabupaten/kota untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah penugasan di kecamatan (Permensos Nomor 28 Tahun 2018 tentang TKSK dalam Pasal 1 ayat (1). Kehadiran TKSK di setiap kecamatan sangat membantu mengatasi masalah sosial warga.

Keberadaan TKSK dapat juga mendukung pelaksanaan pendekatan anggaran berbasis kinerja yang membutuhkan pemetaan target sasaran sehingga diperlukan petugas yang berada di lokasi sasaran. Pemda dalam kaitan ini, Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota diharapkan dapat membina dan mendayagunakan TKSK dalam pembangunan kesos, sehingga dalam hal ini TKSK diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan ketahanan sosial masyarakat di lingkungannya terwujud lebih baik. Salah satu TKSK yang berhasil membawa sukacita masyarakat karena dapat hidup lebih sejahtera adalah TKSK Kecamatan Telawang  Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Kota Besi, TKSK ini berhasil membawa masyarakat ini menjadi lebih baik.

Agung Syahid Rahman sebagai TKSK Telawang yang meraih Peringkat I Terbaik di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah mewakili Kabupaten Kotawaringin Timur, dengan membawakan Program - Program Kesejahteraan Sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di wilayah Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, yang Agung lakukan mulai dari pendampingan, pembinaan dan bermitra kerja dengan beberapa Pihak Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit dan Perbankan yang ada di Kecamatan Telawang. Salah satu Program unggulan adalah Inovasi Rehab Rutilahu dari Program CSR, Program Pendidikan Non Formal bagi PPKS, Penanganan Stunting, Program Kelompok Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi PPKS, dan Program Rehab Rutilahu dari PT. Bumi Sawit Kencana untuk warga Desa Sumber Makmur, Desa Sebabi, dan Desa Biru Maju.

Kecamatan Telawang terletak di Simpang Sebabi, Desa Sebabi, Km 87 Jalan Jenderal Soedirman (Sampit - Pangkalan Bun). Seluruh Desa yang ada di Kecamatan Telawang berada di ketinggian kurang dari 500 meter DPL (Di atas Permukaan Laut)

Penghasilan utama masyarakat Kecamatan Telawang adalah menanam sawit, karet, kelapa, kopi dan lada. Keadaan musim yang tidak menentu membuat banyak petani mengalihfungsikan lahan menjadi tanaman palawija dan tanaman perkebunan seperti kelapa sawit dan karet yang lebih mudah beradaptasi dengan perubahan musim. Di Kecamatan Telawang terdapat eksploitasi lahan untuk perusahaan perkebunan dan pertambangan sehingga banyak lahan pertanian rakyat yang dijual kepada industri perkebunan dan beralih-fungsi.


Penulis :
OHH Dayasos
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
OHH Dayasos

Bagikan :