Hari Ulang Tahun Tagana Ke-15

  • Hari Ulang Tahun Tagana Ke-15
  • 2 Kegiatan Tagana (Large)
  • 3 Sebaran Tagana (Large)
  • 4 Rencana Strategis (Large)
  • 5 CBDM (Large)
#SobatSosial, tahukah kamu? 24 Maret merupakan tanggal diperingati hari lahir TAGANA. Tahun ini peringatan #15TahunTAGANA digelar di seluruh Indonesia. Di tingkat pusat, @KemensosRI menggelar berbagai macam kegiatan yang dipusatkan di Mako Tagana Training Centre di Hambalang Sentul Bogor mulai tanggal 22-25 Maret 2019.

TAGANA merupakan relawan kemanusiaan/tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari unsur masyarakat. Kini jumlah personil TAGANA lebih dari 37 ribu orang dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Sejarah TAGANA sendiri dimulai dari menyikapi rancangan sistem penanggulangan bencana berbasis masyarakat di tahun 2002. Melalui TAGANA, @KemensosRI membentuk Community Based Disaster Management (CBDM) yaitu usaha penanggulangan bencana berbasis masyarakat dalam bentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS).

Pada tahun 2019, ada beberapa rencana strategis yang dilakukan @KemensosRI dalam penanggulangan bencana di antaranya peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana, penyaluran bantuan pemenuhan kebutuhan dasar untuk korban bencana alam pada masa darurat, juga pemulihan dan penguatan sosial korban bencana alam pascabencana.
.
Bagikan :