Graduasi KPM PKH CIKUMAYU (Cirebon, Kuningan dan Indramayu)

Graduasi KPM PKH CIKUMAYU (Cirebon, Kuningan dan Indramayu)

CIREBON (17 September 2020) – Direktur Poltekesos Bandung, Marjuki, menghadiri Graduasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Rekonsiliasi Nasional Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2020 untuk wilayah Cirebon, Kuningan, Indramayu, yang dipusatkan di Aston Hotel, Cirebon (17/9/2020).

Berdasarkan data di e-PKH pada bulan Agustus 2020, jumlah KPM yang telah dinyatakan graduasi sebanyak 711.126 KPM dari total target 1 juta KPM atau telah mencapai 71.11%. Dari data tersebut, graduasi umumnya adalah graduasi alamiah atau non komponen. 41 KPM PKH Graduasi Tahun 2020 juga mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas KPM PKH Graduasi, yang berasal dari 14 KPM Kota Cirebon, 10 KPM Kabupaten Cirebon, 7 KPM Kabupaten Kuningan dan 10 KPM Kabupaten Indramayu.

Di saat yang sama juga dilaksanakan Kegiatan Rekonsiliasi Penyaluran Bantuan Sosial PKH antara Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Kemneterian Sosial RI, SDM PKH dan HIMBARA sebagai lembaga penyalur bantuan sosial. Rekonsiliasi ini bertujuan agar penyaluran bantuan sosial memenuhi syarat 5T yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat manfaat dan tepat administrasi. Data yang direkonsiliasi merupakan data penyaluran bantuan sosial tahap I dan tahap II serta penyaluran bantuan untuk bulan April, Mei dan Juni dengan total 10 Juta KPM dengan jumlah bantuan mencapai Rp. 21,5 triliun.

"Graduasi ini ditujukan untuk KPM yang sudah memiliki kualitas kehidupan dan ekonomi yang meningkat dan dengan sadar untuk melepaskan diri yang akan digantikan oleh penerima baru yang lebih membutuhkan. kedepannya KPM yang telah berhasil ini harus menjadi contoh bagi KPM lain dan kualitas kehidupannya terus meningkat," tegas Mensos

Acara diikuti oleh 115 orang peserta secara luring di Regional Jawa dan Regional Sumatera (Lampung dan Sumatera Selatan), sedangkan 109 orang peserta mengikuti secara daring. Koordinator Regional, Koordinator Wilayah, APD Provinsi yang mengawal bansos PKH, Koordinator Kabupaten serta seluruh SDM PKH dapat mengikuti kegiatan ini secara live streaming melalui jaringan Youtube, Facebook, serta jaringan media sosial lainnya.

Rekonsiliasi nasional ini juga dihadiri Perwakilan Komisi VIII DPR RI, Bupati Cirebon, Pejabat Eselon I Kementerian Sosial RI, Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Direksi Bank Himbara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, serta para Pejabat Eselon III dari Dinas Sosial Provinsi seluruh Indonesia yang membidangi bidang perlindungan dan jaminan sosial.


Penulis :
Humas Poltekesos
Editor :
Annisa YH

Bagikan :