Begini Jadinya Ketika Kemensos Dikunjungi Siswa SD Binus

Begini Jadinya Ketika Kemensos Dikunjungi Siswa SD Binus
JAKARTA (3 Maret 2020) - Selasa pagi Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial Jakarta Pusat dipenuhi puluhan siswa SD Sekolah Internasional Bina Nusantara (Binus). 

Di luar gedung telah siap dipamerkan peralatan penanganan korban bencana alam yaitu Kendaraan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) dan Perahu Karet. Peralatan sengaja ditampilkan dalam rangka kunjungan belajar 61 siswa kelas 4 (empat) SD Sekolah Internasional Binus ke Kementerian Sosial.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara yang menyambut langsung kedatangan para siswa menjelaskan dengan telaten tentang fungsi Dumlap dan Perahu Karet tersebut.

 "Jadi negara kita ini berada di wilayah cincin api sehingga rawan terjadi bencana seperti gempa, tsunami, dan sebagainya. Nah dapur ini berfungsi menyediakan makanan untuk para pengungsi," terang Mensos Ari ambil memasuki Kendaraan Dumlap diikuti para siswa.

Ada personel relawan kami, lanjut Mensos, namanya Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang menyediakan makanan di Dumlap ini untuk membantu para pengungsi korban bencana alam.

Para siswa tampak antusias menyimak penjelasan Mensos juga menanyakan fungsi Perahu Karet yang ada di samping Kendaraan Dumlap.

"Kalau ini jika terjadi banjir, alat ini digunakan membantu evakuasi warga" lanjut Menteri Ari.

Para siswa mengikuti Mensos menyusuri program-program Kemensos lain yang ditampilkan. Tak kalah menarik, Menteri Ari juga mengenalkan Mobil Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dan Mobil Literasi Braille Keliling kepada para siswa.

Dalam pembukaan, Mensos Ari mengatakan kegiatan kunjungan belajar ini bertujuan agar anak-anak mengetahui apa yang dikerjakan pemerintah serta peran pemerintah dalam melayani masyarakat. 

Para siswa dibekali pengetahuan tentang pemerintahan, khususnya tugas dan fungsi Kementerian Sosial dalam menjalankan program-program kesejahteraan sosial. 

Program tersebut di antaranya Rehabilitasi Sosial, Perlindungan Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan Sosial, dan Pengentasan Kemiskinan.

"Kunjungan ini akan menjadi pengalaman bagus bagi kalian semua ya," kata Mensos Ari.

Para siswa diajak tur keliling lingkungan kantor Kemensos di antaranya Ruang Kerja Menteri Sosial, Ruang Layanan Publik, Ruang Biro Perencanaan, dan Layanan Call Center Program Keluarga Harapan (PKH).

Salah satu siswa, Joshua, di akhir tur menceritakan singkat kesan mengikuti kegiatan kali ini.

"Great. Very great,"

"Keren. Sangat keren," katanya dalam Bahasa Inggris.

Penulis :
Tutik Inayati
Editor :
Intan Qonita N
Penerjemah :
Lingga Novianto; Karlina Irsalyana

Bagikan :