70.224 Warga Kabupaten Bogor Terima Bansos Sembako

  • 70.224 Warga Kabupaten Bogor Terima Bansos Sembako
  • WhatsApp Image 2020-05-13 at 09.37.50
CIBINONG (13 Mei 2020) - Sebanyak 70.224 keluarga di Kabupaten Bogor menerima paket bantuan sosial (bansos) sembako dari Presiden Joko Widodo.

Menteri Sosial, Juliari P. Batubara menjelaskan mereka tersebar di tujuh kecamatan yang berbatasan langsung dengan ibukota DKI Jakarta antara lain Bojong Gede, Cibinong, Cileungsi, Citeureup, Gunung Putri, Jonggol dan Klapanunggal.

"Ini penyaluran bansos sembako tahap pertama untuk wilayah Bogor. Pada kesempatan pertama kemarin, Kemensos konsentrasi di wilayah DKI Jakarta karena status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan lebih dulu di DKI Jakarta," kata Mensos.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Pepen Nazaruddin menambahkan jumlah penerima bansos sembako di Kabupaten Bogor berasal dari data yang diberikan pemerintah kabupaten.

“Data penerima kita terima dari pemerintah daerah, kebetulan pemerintah daerah di Kabupaten Bogor ini cukup bagus datanya jadi update,” ujar Pepen di kantor Kelurahan Pakansari, hari ini (13/5).

Sehingga, lanjutnya, hal tersebut memudahkan Kementerian Sosial untuk dapat langsung manyalurkan bantuan. Dengan adanya data yang terus diperbarui, Pepen mengaku distribusi sembako bisa lebih tepat sasaran.

"Kabupaten Bogor kebetulan update terus, jadi mungkin bisa lebih tepat sasaran," akunya memuji Pemkab Bogor perihal data.

Adapun penyaluran sembako ditempuh melalui perantara pengurus RT/RW setempat dengan tetap mengikuti aturan pemerintah guna menghindari warga berkumpul.

"Proses penyalurannya nanti akan disalurkan ke yang ditunjuk sampai kepada KPM, jadi tidak ada istilahnya pengumpulan orang untuk menjaga social distancing, namun tentunya aparat dari RT/RW tetap memonitor pelaksanaannya," terangnya.

Sementara itu, untuk daerah di luar tujuh kecamatan tersebut, Pepen mengatakan pemerintah memberikan bantuan sosial tunai (BST) dengan indeks yang sama dengan penerima bansos sembako yaitu sejumlah 600 ribu rupiah setiap bulan.

"Nanti di luar 7 kecamatan (di Kabupaten Bogor) ini akan mendapat bantuan sosial tunai, sama, indeksnya 600 ribu," kata dia.

Untuk Kelurahan Pakansari saja, bansos sembako Presiden melalui Kementerian Sosial yang disalurkan berjumlah 1.631 paket. Bansos sembako yang diserahkan merupakan tahap pertama untuk wilayah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

“Proses pembaruan data terus dilakukan, lagipula datanya banyak. Data penerima bansos sembako bantuan Presiden untuk Kabupaten Bogor, Kota Tangerang dan Tangsel, Depok dan Bekasi, sudah kami terima,” ujar pria berkacamata ini.

Bansos sembako tersebut menjangkau 1,9 juta KK. Di wilayah DKI Jakarta mencapai 1,3 juta KK dan Bodetabek (daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) menjangkau 600 ribu KK.

Penulis :
Alif Mufida Ulya
Editor :
Alek Triyono; Intan Qonita N

Bagikan :